Tuesday, January 20, 2009

BELAJAR BERDIKARI DI PONDOK

BELAJAR BERDIKARI DI PONDOK

Untuk menjadi orang yang berdikari tidak semudah yang dibayangkan. Kadang-kadang ketika seseorang mengalami proses belajar BERDIKARI terpaksa harus mengalami cucuran air mata. Orang yang biasa bergantung dengan orang lain di rumah, kemudian ketika berada di Pondok,segala pekerjaan harus dihadapi sendiri, merupakan pelajaran yang sukar ditemui di tempat lain. Perasaan sedih, geram, menangis, kesepian dan lain-lain bercampur jadi satu di dalam hati. Seorang pelajar baru akan menghadapi ribuan kawan yang berbeda sifat dan karakter. Ada yang baik, ada yang halus, ada yang nakal, ada yang kasar, ada yang pandai bergaul, ada yang pendiam dan ribuan karakter yang mungkin belum pernah dihadapi sebelum ini. Belum lagi mencuci pakaian sendiri, mengatur almari dan buku-buku sendiri, membersihkan badan dan tempat sendiri. Semua itu adalah pelajaran BERDIKARI yang amat penting bagi setiap pelajar untuk menghadapi masa depannya kelak.Oleh itu tidak sedikit para pelajar yang kurang tahan / kurang betah berada di Pondok. Maka segeralah angkat kaki dan meninggalkan Pondok. Begitu juga sebahagian orangtua yang tidak sampai hati meninggalkan anaknya belajar berdikari seperti itu. Akhirnya orangtuanya pun memanggil anaknya pulang. Biasanya penyesalan dirasakan di kemudian hari ketika melihat kawan-kawan lain yang bertahan di Pondok telah berjaya menjadi orang-orang yang terpandang di masyarakat sedangkan diri nya atau anaknya kurang bernasib baik. Walau bagaimanapun ada juga beberapa orang pelajar yang keluar dari Darussalam Subang telah berjaya di masyarakat meskipun belum selesai belajar di Pondok.

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum wr. wb

    mohon kepada pengurus pondok pesantren apabila ada anak didiknya yang sakit, secepatnya menginformasikan kepada orang tuanya agar orangtuanya dapat menjenguk dan mengobati atau membawa secepatnya ke dokter atau tempat berobatnya.

    demikian permohonan dari orang tua dany wahyu sobarna (telp.022_6633235/081394693398/081394027756)

    wassalamu'alaikum. wr. wb

    Akhmad Sobarna, Jl Encep Kartawirya no 134 rt01/08,citeureup, cimahi utara 40512 Kota cimahi

    ReplyDelete
  2. Assalam wr wb
    Kami atas nama orang tua wali dari santri putri, Kami membutuhkan layanan imformasi untuk bisa saling silaturahim diantara wali santri dengan keluarga pondok sewaktu-waktu

    ReplyDelete